Monday, April 25, 2016

TIPS JITU MENGHEMAT GAJI

TIPS JITU MENGHEMAT GAJI

Carauangcom - Gaji atau upah adalah salah satu hak yang wajib diterima oleh seseorang yang bekerja dengan orang lain atau perusahaan. Dan tingkat kesejahteraan seseorang biasanya dilihat dari seberapa besar gajinya. Umumnya, semakin besar gaji seseorang pasti semakin sejahtera kehidupan orang tersebut.

Tetapi tidak jarang juga orang gagal mapan karena sangat boros terhadap gajinya tersebut. Belum sampai akhir bulan gajinya sudah habis. Lalu bagaimana cara menghemat gaji tersebut? Berikut ini beberapa tips jitu menghemat gaji untuk Anda.

1. HINDARI PERILAKU KOMSUMTIF

Banyak sekali anak muda yang sudah bekerja, tetapi sayangnya mereka tidak bisa menabung. Alasannya yaitu kebiasaan hidup yang konsumtif. Jadi setelah menerima upah, biasanya mereka langsung menghabiskannya untuk suatu hal. Lakukan penghematan mulai dari hal sederhana, misal membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, atau naik angkutan umum ke lokasi kerja agar lebih hemat.

2. BUATLAH DAFTAR KEBUTUHAN BELANJA

Berapa banyak uang belanja yang sudah anda sediakan untuk satu bulan ini? umumnya anda pasti punya kebutuhan belanja bulanan pokok satu bulan. Kalau bisa, Anda buat daftar kebutuhan Anda situ elama satu bulan dan buat list harga atau jumlah uang yang anda butuhkan. Setelah itu sisihkan uangnya, dan jika ada sisa lebih baik gunakanlah untuk kebutuhan belanja bulan berikutnya.

3. BELILAH BARANG YANG MURAH

Murah tidak selalu berarti murahan. Jadi Anda tidak perlu takut untuk membeli barang yang harganya murah. Hilangkan gengsi Anda agar gaji Anda tidak cepat habis. Misal Anda ingin membeli pakaian. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan yang sesuai dengan keinginan. Soalnya apa yang Anda inginkan belum tentu Anda butuhkan.
Disqus Comments